Rabu, 03 Agustus 2016

Hidup di Pakistan, Nyaman kah ?

Kebanyakan temen-temen banyak yang tanya gimana sih hidup di Pakistan ?, Kuliah di Pakistan ?, gimana dengan makanan-makanan Pakistan ?, biaya hidup disana ?
okey, yang pertama kita bahas tentang hidup di Pakistan , dan yang tentang "kuliah di Pakistan" kita bahas setelah artikel ini.
Nah disini admin ingin membagikan sedikit cerita, gimana sih rasanya hidup di Pakistan ?

Tentang Pakistan dan pendidikan, tidak semua penduduk pakistan berpendidikan secara formal sama halnya seperti di Indonesia, ada beberapa wilayah yang tidak tersentuh, lebih tepatnya belum. wilayah-wilayah yang sangat jarang diperhatikan pendidikannya dalam artian kurangnya perhatian dari pemerintah membangun sekolah-sekolah di wilyah tsb adalah wilayah-wilayah pedalaman pakistan, yang memang penduduk aslinya masih memegang adat daerah. Oleh karena itu mereka tidak banyak mengetahui tentang wawasan dunia, terkhususnya wawasan tentang selain Pakistan.

Hidup di Pakistan merupakan sesuatu yang luar biasa, pada pasalnya kita merasa seolah kembali ke jaman tahun 90-an, sejak pertama kali menginjakan kaki di tanah Ali Jinnah ini semua warga Indonesia baik itu mahasiswa atau staff kedutaan besar Indonesia pasti merasa kaget dan komentar yang pertama kali ialah kuno


Kesan "kuno" mengapa demikian ?
adat dan budaya masing-masing daerah berbeda-beda, begitu pun antara Pakistan dan Indonesia atau pun negara lainya berbeda satu sama lainya begitu juga kebijakan pemerintahnya.
kebanyakan kesan warga asing yang baru pertama kali tinggal di Pakistan berkomentar Pakistan kuno ( tidak modern ) seperti negeri lainya : Malaysia, Indonesia, Turki, Jepang dll. karena mereka hanya melihat dari bentuk transportasi misalnya dan situasi sekitar. mereka melihatnya hanya secara dhohiriyah nya, sebagai contohnya motor, mobil, transportasi umum. Motor yang ada di Pakistan kebanyakan model motor klasik , seperti motor CB 70 cc, 100 cc, 125 cc, tidak disana seperti Vixion, CBR, Harley, dll kalaupun ada sangat jarang sekali. Mobil, yang banyak tersebar seperti mobil mehran ( mayoritas ) tapi disamping itu banyak juga mobil-mobil kelas mewah milik orang elite tentunya.

biaya kebutuhan hidup di Pakistan ?
biaya hidup tidak begitu mahal di Pakistan, kalau di analogikan mungkin sama seperti biaya hidup di kota Solo, Indonesia. Bahan-bahan kebutuhan pangan, sandang sama tidak jauh beda seperti di Solo. hanya saja ada beberapa bahan yang memang tidak ada di Pakistan, dan penjual harus mengimpornya dari luar negeri.

Mudahkah dapat pekerjaan di Pakistan ?
Pada dasarnya mudah bagi siapa saja yang mempunyai visa kerja atau bisnis, tapi kalau seperti pelajar, mahasiswa sulit untuk mencari kerja. Karena kebijakan pemerintahnya sangat strict ( kaku ) dan tegas. Untuk mensiasatinya banyak dari mahasiswa kerja wirausaha sendiri dan konsumennya pun orang Indonesia sendiri. Seperti jual bakso, sate, ayam bakar, cilok dan lain-lain.

Ainsi/Isb
Pakistan




EmoticonEmoticon