Minggu, 05 Februari 2017

Kuliah diluar negeri ? di Pakistan aja

Tulisan ini dibuat lanjutan dari artikel “hidup di Pakistan, nyaman  kah ?”.

Negara Pakistan memiliki banyak universitas berkelas internasional seperti IIUI, NUST , PRESTON, BINORIA UNIVERSITY ,PUNJAB UNIVERSITY, SYIFA ,AL-HUDA dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak jumlah universitas yang ada,  beberapa universitas menjadi favorit mahasiswa asing dan dijadikan rujukan untuk menuntut ilmu baik itu ilmu dien ataupun ilmu umum.

Di universitas mana mayoritas mahasiswa Indonesia belajar ?
- Mahasiswa Indonesia yang belajar di Pakistan kurang lebih ada 300 an orang, mereka terdiri dari mahasiswa/i jenjang bachelor ( S1), Master (S2) dan Phd ( S3).
Mayoritas mahasiswa/I Indonesia di Pakistan belajar di Universitas Islam Internasional Islamabad (IIUI), ada juga beberapa orang yang belajar di Preston University, Punjab University, International Binoria University. Selain belajar di tingkat universitas, banyak juga pelajar-pelajar Indonesia yang belajar di Madrasah Raiwind Lahore.


Kenapa pilih kuliah di Pakistan ?
- Kebanyakan orang pasti akan bertanya-tanya ; kenapa sih pilih kuliah di Pakistan ?.
kuliah di Pakistan mempunyai beberapa keunggulan dan mempunyai kekurangan sama halnya kuliah di Negara lain.
Dari segi keunggulannya yaitu kita bisa belajar materi yang ditekuni langsung dari sumbernya, materi-materi yang diajarkan menggunakan bahasa inggris dan bahasa arab sebagai bahasa pengantar kuliah. Biaya kuliah di Pakistan lebih murah ketimbang di Indonesia. Bisa belajar dan menguasai banyak bahasa selain bahasa arab, inggris, urdu, Pashto, farsi, cina. Banyak dari kalangan dosen-dosen universitas di Pakistan merupakan lulusan universitas-universitas terbaik di dunia dan banyak dari mereka yang bergelar doctor (phd).
Sebaliknya kekuranganya yaitu butuh waktu untuk adaptasi dengan budaya orang Pakistan, dan harus bisa memaklumi sifat-sifat mereka yang kadang menyelisihi budaya orang Indonesia.

Fakultas apa yang menjadi favorit orang Indonesia ?
- Fakultas favorit pilihan mahasiswa/I Indonesia ada banyak, kita ambil contoh saja di universitas islam internasional Islamabad, 40% atau lebih dari mahasiswa/I Indonesia memilih fakultas Islamic studies (ushuluddin), 30% dari mereka di fakultas shariah and law (double degree), 20% di fakultas Arabic, 10% lagi di fakultas international relationship ( HI ), education, English,dll.

Mehman/haftanasta

9 komentar

adakah beasiswa selain lpdp untuk kuliah di pakistan?

Ada mas Denny beasiswa full dr jepang silahkan googling aja nanti ada muncul

Kapan di posting rincian biaya kuliah.. dan biaya hidup di sana.. mulai s1 s2 s3

insyaallah tahun depan saya lulus aliah
ada email yang bisa d hubungi

Adakah jurusan untuk pendidikan guru madrasah ibtidaiyah untuk s2 nya?

Adakah jurusan untuk pendidikan guru madrasah ibtidaiyah untuk s2 nya?

Assalamualaikum..insyaallah 2022 saya lulus SMA dan memiliki niat kuliah di pakistan.apakah ada kontak nomor yg bisa saya hubungi.terimakasih

Assalamualaikum..insyaallah 2021 saya lulus SMA dan memiliki niat kuliah di pakistan.apakah ada kontak nomor yg bisa saya hubungi.terimakasih

Assalamualaikum
InshaAllah 2021 saya lulus dari madrasah aliyah
Dan saya berniat untuk kuliah di sana... untuk informasi yang lengkap kepada siapa saya harus bertanya. Terima Kasih


EmoticonEmoticon