Minggu, 07 Mei 2017

Musim Dingin di Pakistan

Negara Pakistan merupakan salah satu dari Negara-negara di Asia yang mempunyai  4 musim (dingin, panas, gugur, dan semi). Dan ternyata banyak temen-temen yang belum tau bahwa di Pakistan ada 4 musim. Nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih musim dingin di Pakistan.

Pakistan terletak di Asia selatan, berbatasan dengan India, Cina, Afganistan dan Iran. Musim dingin di Pakistan dimulai dari bulan November sampai Februari. Temperatur udara normalnya berada dibawah 10 celcius ( untuk daerah Ibu kota, Propinsi Punjab, Propinsi Sindh, dan sebagian  kota di Propinsi Balochistan, sebagian daerah di Propinsi KPK ) adapun diselain daerah-daerah tersebut temperature udaranya bisa sampai dibawah minus 5 sampai 20 seperti di daerah Gilgit-Baltistan, SWAT, Quetta, Naran kaghan.

Saya pribadi tinggal di kota Islamabad, Ibu kota Pakistan. Di kota ini sangat jarang dijumpai turun salju disetiap musim dinginnya, adapun yang terakhir kali kemarin di tahun 2016, dan sebelumnya ditahun 2010 ( klw gak salah-hehe). Itu dikarenakan salju yang turun didataran tinggi Pakistan terhembus oleh angin menuju timur Pakistan.  Bedanya dengan tahun ini 2017 dan sebelumnya 2015, 2014 dan sebelumnya kalau ingin bermain salju dan melihat fenomena hujan salju, kita harus pergi ke dataran tinggi yang lokasinya tidak jauh dengan Ibu kota.

Nathiagali, merupakan daerah dataran tinggi dimana salju selalu bertumpukan bilamana musim dingin datang dan menjadi destinasi favorit teman-teman indo yang belajar di Pakistan. Di daerah Nathiagaly ini terdapat banyak tempat-tempat yang bisa dikunjungi seperti kota Muree, Ayyubiya, Galyat dll. Pemandangan yang disajikan sangat indah dan mengagumkan, disetiap mata memandang semua bukit berselimut salju. Bagi yang belum pernah melihat salju pasti nangis tuh, saking ga bisa mengungkapkan rasa bahagianya, ceilee.

Perjalanan yang ditempuh untuk sampai di Muree bisa ditempuh dengan lama perjalanan 3 jam menggunakan transportasi umum, adapun dengan mobil pribadi atau mobil sewaan sudah pasti lebih mengirit waktu dan boros pengeluaran. Ya begitulah mahasiswa, pasti penginnya yang murah, terjangkau dan kualitas bagus, hahah. So menggunakan transportasi umum adalah pilihan yang terbaik bagi mereka dengan begitu bisa mengirit kantong dan menambah pengalaman perjalanan bertemu dengan penduduk lokal dan bercengkrama dengan mereka.

Nantikan Kisah selanjutnya >>  thanks for reading

Mehman/ Isb

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon